Friday, June 06, 2014
7
Ada yang penasaran kenapa kuda lumping bisa makan beling? Dulu waktu kecil saya sangat sering menonton pertunjukan kuda lumping. Akan tetapi saat ini jarang sekali orang yang mempertunjukan atraksi ini. Pada setiap pertunjukannya, kuda lumping mampu menghibur para penonton terutama dengan atraksi – atraksinya yang kadang terkesan mistis dan aneh. Baca juga:

makan beling


Lihat saja atraksi makan beling. Akan tetapi aura mistis yang kental itu saat ini sudah bisa dijelaskan secara ilmiah. Ternyata memang sudah tidak jamannya lagi percaya hal mistis. Banyak sekali hal yang dulu kita anggap mistis akan tetapi sekarang sudah bukan misteri lagi bahkan penjelasan yang logis pun sudah sangat mudah di terima. Baca juga:



Berikut fakta - fakta penjelasan kenapa kuda lumping bisa makan beling.

Hal yang paling ditakuti dan ada dalam pikiran kita ketika ada orang makan beling adalah beling akan melukai mulut dan membuat luka robek. Ketajaman beling sudah tidak perlu diragukan lagi. Sedikit goresan pada kulit saja sudah cukup untuk membuat luka robek yang tak jarang disertai keluarnya darah. Baca juga:

Akan tetapi al itu ternyata tidak berlaku pada mulut asal kita tau teknik dan triknya. drg. Bambang Nursasongko, SpKG seorang Staf Pengajar dan Kepala Divisi Konservasi Gigi FKG-UI menjelaskan mengenai hal ini. Gusi yang ada di dalam mulut kitaternyata tidak sesensitif kulit tubuh. Selain itu di dalam mulit terdapat pula lapisan lunak yang disebut mukosa yang tidak mudah robek. Baca juga:

"Saya sendiri pernah mencobanya dulu. Yang saya lakukan adalah mengunyah beling. Hasilnya, nggak apa-apa, dan nggak ada yang luka," kata Bambang Nursasongko saat wawancara bersama tim Health Liputan6 pada acara 'Memilih Dokter Gigi yang Tepat Sesuai Jenis Kelainan Gigi' JADES (Jakarta Dental Specialist). Baca juga:

Bambang menambahkan, bahwa mukosa yang terdapat di dalam mulut sudah lama memiliki manfaat seperti itu. Contohnya ketika kita dengan lahap makan emping. Ketika emping disiletkan ke kulit, maka kulit akan luka. "Tapi, ketika emping itu kita gigit, pernah merasa sakit, tidak? Sepertinya mengunyahnya itu enak sekali," terangnya. "Itulah kuasa Allah SWT. Kita diciptakan sedemikian rupa oleh-Nya," tutup dia. Baca juga: 

Sudah saatnya kita beralih dari pemahaman mistis ke pemahaman logis. Akan tetapi apabila anda mencermati lebih dalam, semakin kita mencoba melihat semua hal dengan logis akan tiba saatnya dimana campur tangan tuhan tidak terbantahkan. Dimanapun itu dan apapun itu campur tangan tuhan ada disana untuk menjelaskan siapa yang bertanggung jawab akan kesempurnaan desain diluar nalar. Semoga bermanfaat.