Thursday, May 29, 2014
8
Keajaiban alquranBlack Hole adalah benda angkasa yang memiliki gravitasi super besar. Bisa dikatakan itu adalah bintang tidak terlihat karena memang tidak memancarkan cahaya. Penemuan black hole merupakan penemuan yang fenomenal dalam ilmu astronomi. Sebelumnya sulit untuk membanyangkan ada sebuah bintang yang menakutkan seperti ini.

black hole dalam alquran
ilustrasi black hole menyerap apapun termasuk cahaya.



Black hole terbentuk dari bintang yang sudah habis bahan bakarnya dan menyebabkan bintang ini tidak terlihat. Hal lain yang menyebabkan blackhole tidak terlihat adalah karena gravitasinya yang sangat besar sehingga mampu menarik cahaya. Baca juga :


Black hole memiliki masa yang besar. Massa inilah yang menyebabkan gravitasi black hole sangat tinggi. Namun ada yang unik menyangkut massa yang dimiliki black hole. Walaupun memiliki massa yang tinggi namun ukurannya sangat padat. Jika ada back hole seberat matahari maka black hole tersebut hanya berdiameter 3 km saja. Baca juga:

Black hole ukuran sedang dengan diameter 31 km memiliki massa 10.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kilogram, atau 1031. Sungguh luar biasa bukan? Wajar bila blackhole memiliki gravitasi yang sangat tinggi. Baca juga:

Yang biasa jadi pertanyaan adalah bagaimana ilmuan dapat mengidentifikasi benda langit ini padahal tidak terlihat karena tidak memiliki pancaran cahaya. Namun ada sebuah ide yang menyatakan bahwa Black Hole itu memiliki ukuran tertentu, dan ia berjalan di ruang angkasa. Saat dia melewati sebuah bintang, cahayanya tertutup dari pengamatan kita di bumi, persis seperti kejadian gerhana matahari. Setelah ide itu dicobakan ternyata terbukti benar, dan para ilmuwan sepakat bahwa cahaya bintang tersebut tertutup karena lewatnya Black Hole sehingga pancaran cahaya yang bersumber dari bintang tersebut tertutup. Hal tersebut terjadi selama jangka waktu tertentu, kemudian bintang tersebut kembali menunjukkan sinarnya. Baca juga:

Blackhole dalam Al quran


Coba perhatikan ayat berikut :

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” (QS. At-Takwir ayat 15-16 )

Kata yang saya garis bawahi diatas bukankah sama dengan ciri black hole? Disebut bintang tersembunyi karena tidak terlihat, disebut pula bahwa bintang tersebut bergerak, dan disebut pula menyapu yang mengacu pada besarnya gaya gravitasi. Baca juga:

Bukankah ini keajaiban tuhan? Sungguh Al quran adalah benar- benar firman tuhan yang maha agung, maha mengetahui apa yang ada di langit dan bumi. Kadang saya bingung melihat orang yang mempertanyakan kebenaran Al quran dan dengan mudahnya mengatakan bahwa Al quran adalah produk manusia 1400 tahun lalu. Apa itu sebuah kebodohan atau ketidak tahuan? Wallohualam. Semoga bermanfaat.