Wednesday, May 28, 2014
15
Ada yang tau seberapa cepat super komputer tercepat di dunia saat ini? Oke, itu adalah bahasan kita hari ini. Jika anda tahu, komputer tercepat saat ini adalah “Eugenh”. Komputer ini pertama dikenalkan di Jerman pada 22 Februari 2008. untuk ukuran komputer saat ini dialah yang paling cepat. Dengan 65 ribu prosesor dan mampu menghendel 223 milyar perhitungan dalam satu detik nya.

komputer tercepat di dunia


Komputer ini bisa bekerja optimal pada suhu 16 derajat celcius dan daya sebesar 30.000 Watt. Yang pasti rumah anda tidak mampu menjalankan komputer ini apalagi yang rumahnya cuma 450 Watt seperti saya. Sesuai kemampuan, ternyata komputer ini memiliki suara bising akibat proses yang keras sampai-sampai orang yang hendak masuk ruangan komputer disarankan untuk memakai pelindung telinga. Baca juga :


Dalam pembuatannya komputer ini melibatkan setidaknya 200 tim ahli yang ikut serta dalam pembuatannya. Dengan dibuatnya komputer super cepat ini, diharapkan akan mempermudah dan mempercepat perhitungan dalam bidang penelitian. Contohnya adalah ketika para ahli akan meneliti sebuah obat baru. Dengan cara konfensional para peneliti berusaha mencari dampak suatu obat melalui uji laboratorium. Namun cara konfensional dinilai sangat menyita waktu karena harus melakukan satu persatu. Dengan hadirnya komputer ini akan mempermudah dalam memperhitungkan kemungkinan dampak yang timbul karena obat tersebut. Hal ini akan sangat membantu dan meningkatkan efisiensi dalam penelitian. Baca juga: 

Bukankah ini sebuah kemajuan teknologi yang luar biasa? Komputer setara 20 ribu PC biasa yang dinyalakan bersama-sama, memiliki 65 ribu prosesor, dan mampu menghendel 223 milyar hanya dalam satu detik, hampir tidak bisa dibayangkan oleh pikiran manusia saat ini. Namun sebelum meng klaim kehebatan taukah anda mengenai keajaiban?

Jika kita menilik pada hal sederhana semisal serangga. Taruhlah lebah atau serangga lainnya. Serangga juga memiliki komputer dalam diri mereka yaitu otak. Otak ini yang mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh serangga. Yang ingin saya garis bawahi disini adalah jika dibandingkan dengan super komputer buatan manusia, nyamuk masih sangatlah unggul. Baca juga:

Mengapa demikian? Bayangkan saja satu sel otak nyamuk itu setara dengan komputer yang sangat kompleks. Sedangkan dalam otak nyamuk sendiri terdapat ratusan ribu sel yang artinya sama dengan ratusan ribu komputer dengan sistem yang kompleks. Sekarang bandingkan 65.000 prosesor dan lebah atau serangga lainnya yang memiliki hampir satu juta prosesor.

Selain itu, desain yang ada pada nyamuk menjadikannya jauh lebih istimewa dari super komputer buatan manusia. Apakah otak serangga mengeluarkan suara bising saat beroperasi? Sistem pendingin seperti apa yang digunakan untuk menjaga suhu otak saat bekerja? Jika anda cerdas, coba jawab siapa yang men desain keindahan ini. Siapa yang membuat keajaiban ini? Baca juga:

Semakin cerdas kita, semakin pandai kita, maka semakin kita akan menemukan Tuhan. Jika anda belum bisa menemukan tuhan, maka pertanyakan lagi untuk apa sebenarnya otak anda digunakan selama ini. Bukankah sudah sangat nyata bahwa ini adalah sebuah keajaiban dunia. Sayangnya kita sering tidak sadar akan siapa yang sanggup membuat begitu banyak keajaiban itu. Semoga bermanfaat.