Saturday, June 07, 2014
8

Berita unik - Pernah terpikirkan jika satu hari saja kita tidak tidur? Atau bahkan anda pernah mengalaminya?

Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Bahkan saking pentingnya tanpa tidur manusia bisa mati. Tidur sangat banyak manfaatnya bagi manusia diantaranya meregenerasi sel tubuh, meningkatkan daya ingat, dan yang paling penting adalah mengistirahatkan tubuh. Baca juga :

Selama tidur beberapa organ tubuh akan berhenti beroprasi dan beristirahat. Bahkan penggunaan energi oleh tubuh menurun hingga 20% begitupula konsumsi oksgen yang berperan dalam produksi energi. Baca juga :

Akan tetapi tahukah anda bahwa hewan juga mengalami fase tidur? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara tidur beberapa hewan yang unik. Berikut informasinya:

  1. Semut

    Semut adalah hewan dalam kelompok serangga dan memiliki lebih dari 10000 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Pada umumnya semut hidup di daerah hutan tropis. Jumlahnya yang sangat banyak kadang membuat jumlah semut setara 50% dari populasi serangga di termpat tersebut. Baca juga:




    Dan keunikan semut salah satunya terdapat pada cara tidurnya. Fakta menyebutkan bahwa semut tidur sebanyak 253 kali dalam satu hari dengan interfal 1,1 menit sekali. Baca juga:

  2. Lumba – Lumba

    Lumba – lumba adalah mamalia cerdas dan bersahabat dengan manusia. Tidak aneh jika hewan ini banyak disukai dan menjadi favorit karena sifatnya. Kecerdasan lumba lumba membuat hewan yang satu ini memiliki rasa penasaran yang tinggi dan lebih mudah memiliki ikatan emosi dengan manusia. Baca juga:


    Keunikan laumba lumba sebenarnya ada banyak, namun berkaitan dengan cara tidur, lumba lumba memiliki keunikan khas yaitu tidur sambil berenang. Hal ini disebabkan karena saat tidur lumba lumba hanya mengistirahatkan setengah otaknya saja. Setengah otaknya aktif untuk menjaganya tetap aman.

  3. Kelelawar

    Kelelawar adalah mamalia yang bisa terbang. Hewan yang termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari) ini memiliki kurang lebih 1000 jenis yang sudah teridentifikasi. Kelelawar biasa hidup berkelompok walaupun ada beberapa yang individual. Mungkin sudah banyak yang tahu keunikan tidur kelelawar yaitu tidur dengan kepala di bawah atau menggantung. Baca juga :



    Cara tidurnya yang terbalik ini memudahkan kelelawar untuk menangkap mangsa dan memudahkan lari dari para pemangsa.

  4. Platypus

    Sebelum berhasil di identifikasi, keberadaan platypus sempat dianggap hoax. Hal ini wajar mengingat bentuk platypus yang aneh. Paruh dan kaki menyerupai bebek, ekor seperti berang-berang, sedangkan bulunya seperti anjing air. 



    Platypus juga tidur dan uniknya saat tidur dia tetap bergerak seolah olah sedang mencari makan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan diri dari hewan yang ingin mengganggunya. Baca juga:

  5. Kuda

    Anda sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini bukan? Kuda biasanya digunakan untuk menarik kendaraan, dilombakan untuk balapan, dan hewan pengangkut. Ternyata kuda juga memiliki cara tidur yang unik yaitu tidur sambil berdiri. Baca juga:



Itulah tadi beberapa hewan yang memiliki cara tidur yang unik. Yang pasti akan selalu ada hal - hal unik, ajaib, dan mengagumkan yang akan kita temui karena memang begitulah salah satu cara tuhan menunjukkan kebesarannya. Semoga bermanfaat.