Thursday, October 16, 2014
2

Batu merah delima atau biasa juga disebut dengan batu ruby adalah salah satu batu mulia paling indah dan diminati banyak orang. Batu ini memiliki warna merah yang bervariasi mulai dari merah muda hingga merah gelap atau banyak juga yang menyebutnya merah darah. Di indonesia sendiri batu ini banyak digunakan sebagai batu cincin.

batu merah delima

Secara ilmiah batu ini adalah termasuk salah satu jenis dari mineral alumunium oksida atau bahasa ilmiahnya korodum. Nama merah delima berasal dari isi buah delima yang juga berwarna merah.

Batu ruby juga biasa disejajarkan sebagai salah satu dari empat besar batu berharga lain yaitu intan, zambrud, dan safir. Maka tak heran bila harga batu merah delima berkualitas juga tinggi. Sebenarnya, harga batu ini juga sangat dipengaruhi faktor warna dan kejernihan. Batu yang lebih jernih harganya lebih mahal.

Batu ruby

Dari semua batu permata berwarna, batu ini dianggap sebagai yang paling berharga. Sejak zaman dahulu bahkan di berbagai peradaban kuno rubi dianggap sangat berharga. Efek pantulan cahaya yang dihasilkan batu ruby berkualitas tinggi sangatlah baik hampir seperti cermin.

Negara – negara penghasil batu ruby andata lain adalah Myanmar, Thailand, Srilanka, dan Tanzania.

Sebenarnya batu ruby atau merah delima adalah saudara kandung dari safir. Meraka sama – sama dari jenis mineral korodum. Hanya ruby terlahir berwarna merah. Sementara warna yang lain disebut safir.

Jika anda ingin membeli batu ini maka anda patut untuk berhati – hati karena ada saja penjual yang tidak jujur yan menjual batu ruby palsu atau imitasi. Sekian infomasi yang bisa saya berikan mengenai batu ruby atau batu merah delima. Bantu saya dengan klik g+1 pada sidebar kanan atas blog ini agar orang orang dapat menemukan artikel ini dengan lebih mudah di +Google . Terimakasih atas bantuan anda.

popads