Friday, October 17, 2014
3

Batu Aquamarine adalah batu permata yang termasuk batuan jenis beryl. Di indonesia, batu mulia ini biasa juga disebut batu biru laut. Hal ini karena batu aquamarine memiliki warna – warna seperti laut. Aquamarine sendiri juga memiliki arti “air laut” jadi tidak salah jika biru laut adalah nama yang tepat.


batu aqua marine batu biru laut




Soal keindahan, batu ini cukup diminati oleh para kolektor batu. Rentang warna nya tidak terlalu banyak mulai dari hijau bening, biru agak kehijauan, dan biru laut. Yang paling banyak dicari adalah yang memiliki warna biru agak gelap.



Untuk kekerasannya, batu ini menempati skala 7,5 sampai 8 dari 10 dalam skala kekerasan mohs. Namun kelemahan batu ini adalah tidak dapat betahan pada suhu panas, yaitu sekitar 800 sampai 900 derajat celcius. Jika dipanaskan pada suhu tesebut maka warnanya akan hilang.



Berbicara mengenai batu aquamarine, maka anda perlu tahu juga mengetahui tentang batu topaz yang memiliki kemiripan yang tinggi jika dilihat dengan mata teanjang. Seing juga penjual batu yang tidak jujur memanfaatkan ketiadak tahuan konsumen dan menyebut batu topas sebagai batu biru laut.



Pada masa sekarang ini, dimana teknologi sudah canggih batu ini bisa di fabrikasi atau dibuat sintetis nya dengan menggunakan beryl sebagai bahan dasarnya. Namun demikian batu asli dari alam dan sintetis bisa dibedakan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mencermati suhu batu. Jika dipegang batu yang berasal dari alam akan terasa dingin sedangkan yang sintetis tidak.


batu aquamarine batu biru laut


Batu aquamaine sangat digemari di eropa walaupun batu ini banyak dihasilkan di brazil. Sebagai batu cincin, batu ini sangat diburu.



Nah itu saja sekiranya yang bisa saya bagikan mengenai batu aquamarine atau batu biru laut. Sebagai permata, batu ini memenuhi syarat keindahan yang tinggi. Semoga bermanfaat. Klik tombol g+1 jika artikel ini bermanfaat untuk membantu blog ini di +Google . Terimakasih.

popads