Thursday, October 16, 2014
0


Batu Berlian atau di indonesia biasa pula disebut Batu Intan adalah batu pemata yang sangat indah, mahal, sekaligus paling keras di bumi. Dalam ilmu mineralogi, berlian atau diamond adalah alotrop karbon metastabil, yang mana atom karbon tersusun pada variasi struktur kristal kubik.


batu berlian



Seperti yang dijelaskan diatas bahwa berlian memiliki kekerasan paling tinggi sekaligus paling mahal dikarenakan kelangkaan nya. Menurut skala mohs (skala kekerasan) berlian memiliki angka 10 yang berarti kekerasan tertinggi atau sempurna. Pada berbagai pengujian menunjukan hasil 167 gigapaskal – 231 gigapaskal. Keindahan nya pun turut menjadi faktor utama penyebab harga mahal nya ini. Berlian memiliki kilauan yang indah seolah bisa memancarkan cahaya.



Pertambangan intan yang paling utama ada di afrika selatan dan afrika tengah. Selain itu, ada pula di beberapa negara seperti Rusia, Brasil, Kanada, Australia, dan Indonesia yaitu di Martapura.



Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya ada sekitar 130 juta karat intan atau setara 26.000 kg yang ditambang. Kira – kira nilainya setara dengan 9 miliar US Dollar. Fantastik bukan ?



Pembentukan batu berlian di alam terjadi pada kedalaman sekitar 140 km sampai 190 km. Hal ini disebabkan suhu dan tekanan memungkinkan untuk terjadinya pengkristalan berlian tersebut. Namun pada beberapa kasus pengkristalan juga bisa terjadi pada kedalaman 300 km.



Untuk warnanya sendiri, berlian memiliki kilauan warna jernih, biru, putih, kuning, merah, merah muda, hijau, dan hitam. Berlian yang berwarna adalah akibat kecacatan pembentukan sedangkan berlian tulen bening tidak berwarna.


warna batu berlian
Skala Warna Berlian


Nah itu dia yang bisa saya bahas mengenai batu cantik yang satu ini. Mudah – mudahan informasi mengenai batu berlian sebagai batu terkeras dan ter indah ini bisa bermanfaat untuk anda. Apa artikel ini membantu anda? jika iya, bantu saya dengan klik tombol g+1 untuk meningkatkan kualitas blog ini di +Google .

popads