Sunday, March 09, 2014
0
Keajaiban dunia - Ada yang tau berapa waktu yang dibutuhkan cahaya dari matahari untuk samapi ke bumi ?

Jawabannya tidak pasti. Loh ko tidak pasti?

Pertanyaan ini akan terjawab ketika kita mengetahui berapa jarak dari bumi ke matahari. Seperti yang kita ketahui bumi berevolusi mengelilingi matahari dan jarak terdekat bumi ke matahari adalah 147,000,000 kilometer dan terjauh pada 152.000.000 kilometer.

ilustrasi waktu cahaya matahari sampai bumi
Jika dihitung pada jarak terdekatnya maka waktu yang dibutuhkan adalah 490 detik dan 507 pada titik terjauhnya. Ketika dihitung pada jarak rata rata nya yaitu 150 juta kilometer maka diperoleh angka 500 detik. Waktu tersebut adalah berdasarkan kecepatan rambat cahaya 300.000 kilometer/detik.



Dengan demikian secara gampang waktu yang dibutuhkan cahaya matahari untuk sampai di bumi adalah 8 menit 20 detik diambil dengan perhitungan rata ratanya.
baca juga Cara Astronot Cuci Tangan
Hal yang menarik disini adalah ketika kita melihat matahari, sebenarnya yang kita lihat adalah matahari saat 8 menit yang lalu karena cahaya yang samapai kemata kita adalah berasal dari cahaya 8 menit yang lalu. Maka, jika cahaya dari bintang terdekat (Alpha Centauri) memakan waktu lebih dari 4 tahun untuk mencapai kita, jadi yang kita lihat adalah bintang 4 tahun yang lalu.

Semoga bermanfaat. Tolong like dan follow nya yah +Google+ 

popads