Monday, October 20, 2014
12
Batu mulia selalu mengundang daya tarik hampir pada setiap orang yang memandangnya. Keindahan, warna, dan sifatnya, membuat batu tersebut membuatnya sangat cocok untuk dijadikan perhiasan. Salah satu yang lazim ditemukan di indonesia adalah penggunaan batu mulia untuk dijadikan batu cincin.
batu mulia zambrud


Batu mulia sendiri memiliki banyak jenis maupun warna dan karakter masing masing. Diantara banyak jenis batu tersebut ada beberapa yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan batu cincin. Bahkan tak jarang harga yang harus di bayakan bisa sangat tinggi bila ingin memiliki nya.

Inilah beberapa batu mulia yang paling banyakdi incar untuk dijadikan batu cincin di indonesia.

Batu berlian atau intan

Batu berlian atau juga dikenal dengan batu intan, adalah batu mulia yang sangat indah dan juga langka. Keindahan dan kelangkaan nya ini menyebabkan harga nya juga sangat mahal. Secara fisik batu ini sangatlah keras dan merupakan salah satu material terkeras di bumi. Berlian sempurna tidak memiliki warna, atau bening. Sedangkan berlian yang berwarna adalah berlian yang memiliki kecacatan struktur yang menyebabkan berlian memiliki warna. Kilauan pantulan cahaya yang dihasilkan batu ini juga sangatlah indah. Wajar bila batu ini menjadi favorit banyak orang dan digunakan untuk banyak macam perhiasan seperti kalung dan batu cincin.

Batu berlian atau intan

Batu ruby atau merah delima

Batu tubi atau merah deliama adalah batu mulia yang memiliki warna bervariasi mulai dari merah muda hingga berwarna merah darah. Warnanya disebabkan karena adanya kromium. Nama delima sendii dipeoleh dari isi buah delima yang berwarna mereh. Harga batu merah delima sangat ditentukan oleh warnanya. Batu ruby yang memiliki mutu yang sama bisa sangat bebeda harganya jika warnanya bebeda. Semakin merah bekilau batu tersebut maki mahal pula harganya.

Batu ruby atau batu merah delima

Batu Zamrud atau emerald

Pernah dengar istilah zambrud katulistiwa? Inilah batu yang menjadi inspirasi istilah tersebut. Warna nya yang hijau melambangkan bahwa tanah Indonesia adalah tanah yang subur. Batu zambrud atau disebut juga emerald adalah batu mulia berwarna hijau transparan. Nilai harga zamrud ditentukan oleh empat faktor atau kriteria yaitu, kekerasan, bentuk potongan, kejelasan, dan transparansi. 

Batu Zamrud atau emerald
 

Batu aquamarine

Batu aquamarine sering pula disebut batu biru laut karena warnanya yang memang biru. Aquamarin juga memiliki arti “air laut” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Selain berwarna birubatu ini juga memiliki warna lain seperti biru kehijauan hingga hijau bening. Yang paling diminati adalah warna biru yang agak kental. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kadar besi yang terdapat pada batu.

Batu aquamarine

Batu Topaz

Warna batu topas murni adalah tidak berwarna dan umumnya batu topas memiliki warna biru. Batu ini mirip dengan batu aquamarine namun dengan kualitas yang lebih rendah. Batu ini juga sering dipalsukan penjual sebagai batu aquamaine. Selain biru, batu ini juga memiliki varian warna yang lain seperti pink, putih, dan kuning.

Batu Topaz

Batu safir

Batu safir ini juga sangat diminati untuk dibuat pehiasan. Walaupun pada kenyataannya batu ini banyak juga memiliki fungsi lain dalam industri seperti membuat optik inframera, pelindung jam tangan, dan lain lain karena kekerasan nya. Batu safir bisa ditemukan secara alami di alam maupun sintetik difabrikasi. Warna safir yang paling terkenal adalah biru atau sering disebut dengan Blue Sapphire.

Batu safir

Batu akik

Belakangan ini perkembangan batu akik di indonesia sangat pesat. Bahkanbatu akik sebagai batu penghias cincin telah menjadi trend dikalangan lelaki penyuka cincin dan para kolektor batu. Batu akik memang dikenal memiliki warna yang indah dan varian jenis yang banyak. Pamor nya yang naik juga tidak bisa dilepaskan dari mitos jimat pada batu ini.

Batu akik

Batu amethyst atau kecubung

Di indonesia sendiri, batu kecubung atau batu amethyst termasuk salah satu batu mulia yang banyak dicari untuk dijadikan batu cincin.Warna ungu yag elegan dipandang mampu memikat mata yang melihatnya.

Batu amethyst atau batu kecubung
 

Batu Tourmaline

Dai jenis-jenis batu permata yang ada, mungkin batu tourmalin adalah batu yangmemiliki rentang wana terbanyak. Nama batu ini juga dibagi untuk setiap rentang warna. Rubellite untuk warna merah muda, meah, merah keunguan, oranye merah, dan merah keunguan. Indicolite untuk warna ungu kebiruan gelap, biru, biru kehijauan. Dan masih ada beberapa nama lainnya untuk varian warna lain.

Batu Tourmaline

Batu opal atau kalimaya

Batu opal adalah batu yang indah berwarna dasar putih atau hitam namunmemiliki bercak-bercak warna lain yang indah seperti pelangikarena kandungan lain didalam nya. Warna – warna tersebut juga seperti bisa berubah – ubah sediri sesuai sudut pandang kita dari mana kita memandang. Batu opal dapat ditemukan di bebagai negara yaitu India, Mesir, Tiongkok, Sri Lanka, Australia, Mexico, Philipina, Vietnam, Amerika, Birma, Machuria, Eropa, dan Indonesia.

Batu opal atau batu kalimaya


Itu dia batu – batu mulia yang biasa dan umumnya kita temui di indonesia ini dijadikan sebagai batu cincin. Sudah bukan rahasia bahwa keindahan batu – batu ini pantas kita disebut sebagai batu - batu mulia terbaik untuk dijadikan batu cincin. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya akan sangat berterimakasih jika anda mau meluangkan waktu untuk memberi vote +1 +Google pada sidebar kanan atas blog ini.